Penggunaan Cakar Ayam yang Tepat

4814 Dilihat

Penggunaan Cakar Ayam yang Tepat | Mitra CDI. Untuk membangun sebuah bangunan, kita perlu memasang pondasi. Dan pondasi yang kuat itu lah yang akan membuat bangunan kokoh dan berumur lama, baik itu kantor, atau hunian bahkan bangunan umum akan lebih kuat jika struktur pondasinya kuat juga. Nah berbicara tentang pondasi ini ada salah satu jenis pondasi yang sering sekali digunakan yakni pondasi cakar ayam. Sekarang kita akan membicarakan bagaimana tips memasang pondasi cakar ayam yang benar dan tepat mengingat pondasi cakar ayam ini adalah pondasi yang menjadi pertahanan yang paling kuat. Teknik pengecoran yang benar dan pengaturan tata letak dari pondasi yang sangat pas akan memberikan kekokohan tersendiri. Pondasi cakar ayam memang sudah sangat terkenal di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan yang lainnya.

Pondasi cakar ayam
Pondasi cakar ayam
  • Bagaimana Memasang Pondasi Cakar Ayam yang Tepat

Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan saat ingin memasang pondasi cakar ayam misalnya saja kedalaman tanah yang akan dicor. Apabila kita melihat dari konstruksinya, pondasi cakar ayam ini dibangun menggunakan plat beton, besi beton dan juga ada kombinasi dengan monolit. Kedalaman dari pondasi cakar ayam ini sudah pasti akan membuat konstruksi bangunan lebih kokoh lagi apalagi penggunaan materialnya juga memakai bahan baku yang mana memiliki kekuatan lebih seperti misalnya besi beton, beton, dan yang lainnya. Kedalaman dari pondasi cakar ayam ini biasanya antara 2m x 1,5m bersamaan juga dengan lebar plat 100cm x 80cm x 60cm.

Memasang pondasi cakar ayam ini juga memakai diameter besi yang sudah umum digunakan yakni 10mm, 12mm, 13mm uliur dan 16mm uliur dan untuk begel besinya 8mm – 10mm. Detail kolom ke atas memakai besi 13mm untuk mengisi bagian tengahnya. Selain itu biasanya juga digunakan besi ukuran 12mm dalam jarak begel 15m. Ini artinya semakin besar ukuran diameter besinya maka akan makin rapat juga jarak begelnya. Dan ini artinya juga makin kuat.

Baca Juga :

  • Perhatikan Komposisi Bahan Coran untuk Cakar Ayam

Tips untuk membangun pondasi cakar ayam yang selanjutnya adalah semakin banyak campuran semen yang dipakai dan pasir yang khusus beton dalam pondasi itu karena makin banyak semen dan pasirnya yang berkualitas baik maka campuran materialnya akan lebih rekat dan sudah pasti akan lebih kuat dan juga kokoh. Jadi sudah jelas kalau kita sangat dianjurkan untuk memakai campuran semen sehingga hasilnya akan terlihat lebih baik dan lebih kokoh.

Demikianlah tips cara memasang pondasi cakar ayam yang benar yang tepat juga di mana sangat penting untuk diperhatikan. Membuat sebuah hunian yang indah, nyaman dan aman dihuni memang memerlukan banyak pertimbangan salah satunya adalah pemasangan pondasi. Mengapa? Karena pondasi ini sangat berpengaruh pada kekuatan posisi rumah. Sehingga kita juga harus mempertimbangkan bagaiman cara memasangnya. Semoga dengan adanya artikel ini kalian terbantu dan hunian kalian bisa jadi kokoh karena pemasangan pondasi cakar ayam dilakukan dengan tepat.