Apakah Penyambungan Wiremesh Sebaiknya dilas atau diikat?

4689 Dilihat

Apakah Penyambungan Wiremesh Sebaiknya dilas atau diikat? | Mitra. Sangat banyak inovasi-inovasi yang baru dalam dunia konstruksi bangunan untuk bisa menghemat dan juga menekan tingginya biaya pembangunan. Dan salah satu inovasinya adalah menghemat besi plat beton dengan Wiremesh.

  • Sepintas Mengenal Wiremesh

Wiremesh itu merupakan rangkaian besi yang memiliki diameter 4 mm sampai dengan diameter 12 mm yang mana sudah dirangkai /dilas dengan bentuknya seperti jaring-jaring atau anyaman. Wiremash ini pun sangat berguna untuk menghemat penggunaan besi plat beton konvensional pada pengecoran dak atau pun jalan. Karena tidak perlu merangkai secara manual, cukup digelar dan dicor, lebih cepat dan hemat biaya tukang.

memasang bondek dan penyambungan wiremesh
memasang bondek dan penyambungan wiremesh
  • Cara Pemasangan Penyambungan Wiremesh

Sebelum anda membeli wiremesh, anda harus menentukan kebutuhan wiremesh dan memilih ukuran dan juga jenis wiremesh yang cocok bagi proyek pengecoran anda, apakah jenisnya gulungan atau lembaran. Sesudah itu, jika ada yang bakal anda cor adalah lantai atau lahan parkir, maka lebih baik anda mengukur lebih dulu luas lahan yang mana akan dipasangi wiremesh dan lalu memotongnya sesuai dengan kebutuhan bidang yang bakal dicor. Di setiap sisi wiremeshnya juga jangan lupa untuk memberi overlap dengan ukuran lebih kurang 10 cm sampai dengan 15 cm untuk sambungan antara ujung satu lembar wiremes dengan ujung yang lainnya, kemudian menyambungkannya.

Ada 2 cara dalam penyambungan antar ujung wiremesh, bisa dengan dilas atau di ikat dengan kawat beton saja. Mana yang lebih kuat? tentunya yang penyambungan wiremeshnya dengan di las, namun jika dilas itu akan menghabiskan banyak biaya lagi maka cukup di ikat dengan kawat beton saja. Saran kami dalam penyambungan wiremesh pilihlah yang menurut anda terbaik dari segi biaya juga mutu. Dan jika luas bidangnya yang ingin dipasang wiremesh masih juga ada ruang kosong, maka anda tinggal menambahkan potongannya saja lagi yang mana sesuai dengan ukurannya. Dan apabila yang akan dicor adalah dak lantai, maka anda harus juga memasang smartdek atau bondek di bawahnya sebagai penahan besi Wiremesh.

Baca Juga :

  • Jenis dan Ukuran Wiremesh

Sebenarnya ada 2 jenis dan juga ukuran Wiremesh yang biasanya dijual di toko-toko material penjual bahan bangunan misalnya saja:

  1. Wiremesh jenis gulungan atau roll. Biasanya jenis ini ukurannya 2,1m x 54 m, dan jenis ini ukurannya dalam ukuran diameter antara 5 mm sampai dengan 8 mm.
  2. Yang kedua adalah Wiremesh jenis lembaran atau sheet yang biasanya berukuran 2,1 m x 5.4 m atau biasanya 10 meter persegi. Tersedia juga di toko-toko dalam ukuran diameter antara 4 mm sampai dengan 12 mm.

Demikian apa yang bisa kami tulis disini tentang pemasangan dan juga penyambungan Wiremesh untuk menghemat besi plat beton dengan Wiremesh. Kami berharap bahwa dengan adanya artikel ini bisa memberikan; kontribusi ide yang lebih baik dan positif untuk bisa menghemat biaya pembangunan proyek pengecoran anda.