Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

4520 Dilihat

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan | Mitra CDI. Beberpa tahun belakangan ini terutama di perkotaan Konstruksi atap baja ringan sudah banyak dipergunakan masyarakat. Disamping karena tuntunan zaman yang menuntut semua serba praktis, instant dan kuat juga harga yang ekonomis. Tetapi harus disadari bahwa semua hal sebaik apapun itu pasti ada kekurangan dan kelebihannya, seperti apa yang ada pada material jenis atap baja ringan ini.

Rangka Atap Baja Ringan Sudah Terpasang
Rangka Atap Baja Ringan Sudah Terpasang

Berikut ini sebagai bahan pertimbangan akan kami paparkan beberapa kelebihan dan kekurangan rangka atap baja ringan yang disarikan dari berbagai sumber dan hasil investigasi tim kami dilapangan:

  • Kelebihan atau Keuntungan Baja Ringan

  1. Meringankan beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya, seperti pondasi, dinding dan kolom. Hal ini dikarenakan bobot yang ringan dari sifat bahan ini.
  2. Tahan terhadap karat, rayap dan perubahan cuaca dan kelembaban.
  3. Bila dibandingkan dengan rangka kayu atau baja konvensional, pemasangan rangka atap baja ringan relatif lebih cepat.
  4. Bersifat tidak merambatkan api (non-combustible) ketika terjadi kebakaran. Karena dalam baja ringan terdapat rakitan sistem struktur untuk membatasi penyebaran api pada suatu daerah atau kemampuan untuk secara menerus berperan menahan struktur ketika terpapar api.
  5. Baja ringan juga tidak memiliki nilai muai susut sebagaimana material kayu.
  6. Baja ringan lebih efisien dan ekonomis karena biaya pemeliharaan lebih kecil dan memiliki daya tahan lebih lama karena tidak terkena rayap dan tidak lapuk sehingga masa waktu manfaatnya menjadi lebih lama.
  • Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

  1. Sistem struktur rangka baja ringan tersusun rapat, padat dan terlihat ramai, terhubung & terkait satu dengan lainnya, sehingga kurang menarik jika diexpose.
  2. Membutuhkan perhitungan yang benar-benar matang, karena sistem strukturnya yang seperti rangka ruang tersebut maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung, salah pasang, akan membuat perlemahan sehingga dapat menyebabkan kegagalan total.
  3. Rangka atap baja ringan tidak se-fleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil.
  4. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menghitung kebutuhan baja ringan, oleh karena itu tidak semua orang bisa memasangnya.

Kesimpulannya, dari kelebihan dan kekurangan material rangka atap baja ringan yang kami uraikan diatas, bahwa; rangka atap baja ringan memiliki banyak kelebihan dibanding dengan material yang lainnya. Ini semua tergantung dari kebijakan pelaku pembangunan proyek saja, apakah memilih harga yang sedikit mahal tetapi tahan lama atau harga yang murah dan cepat rusak.

Demikian beberapa hal perbandingan kelebihan dan kekurangan rangka atap baja ringan yang kami dapat uraikan kehadapan anda. Tentu saja masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Masalah pilihan material apa yang ideal untuk struktur atap rumah anda, itu semua kembali pada pribadi anda masing-masing. Untuk meninjau harga material rangka atap baja ringan, silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul Daftar harga terbaru atap baja ringan. Semoga bermanfaat, terimakasih.