Persiapan Sebelum Mengerjakan Sand Blasting

2435 Dilihat

Persiapan Sebelum Mengerjakan Sand Blasting | Mitra CDI. Bagi benda-benda yang berbahan dasar besi dan metal, musuh utama mereka adalah karat. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena sudah ada cara yang cepat dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan sand blasting. Tujuan penggunaannya adalah untuk menghilangkan material kontaminasi seperti olit, garam, cat lama, karat, dan kotoran lainnya. Secara umum dapat dijelaskan bahwa sandblasting adalah proses menyemprotkan abrasive material dengan partikel yang bisa berupa pasir, steel grit atau silica.

Pengerjaan sand blasting.
Pengerjaan sand blasting.

Setelah di-sand blasting maka permukaan benda akan menjadi bersih dan kasar karena efek tumbukan dan gesekan akibat tembakan bertekanan tinggi. Bila permukaan bahan kasar maka krom atau cat bisa melekat lebih mudah. Proses sand blasting juga mampu menghilangkan cat atau karat lebih cepat daripada cairan remover. Bahan-bahan yang dapat dibersihkan dengan metode sand blasting antara lain adalah perunggu, kuningan, alumunium, serta besi.

Jangan Lupa Baca : Jenis Pasir Terbaik untuk SandBlasting

  • Keamanan Dalam Proses Sand Blasting

Tanpa menggunakan safety atau perlengkapan keamanan yang tepat, proses ini bisa sangat berbahaya bagi pelakunya karena pada prosesnya akan menimbulkan debu. Partikel-partikel halus debu tersebut bisa masuk ke pernapasan dan berbahaya untuk kesehatan. Inilah sebabnya dibutuhkan helm khusus sebagai pelindung. Salah satu jenis helm yang disarankan adalah yang dilengkapi saluran untuk menyalurkan udara bersih ke dalam helm dengan baik, sekaligus nyaman dan pas dikenakan. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Jangan menggunakan helm sand blasting bila bagian-bagiannya tidak lengkap walaupun tampak masih layak untuk dikenakan.
  2. Helm sand blasting harus pas dikenakan di kepala atau tidak longgar untuk menghindari masuknya partikel debu melalui sela-sela helm yang Anda kenakan.
  3. Pastikan Anda memperoleh udara segar dari saluran sehingga harus dicermati bahwa saluran tersebut tak tersumbat.
  4. Bila pengerjaan sand blasting ini untuk suatu perusahaan, crew harus memastikan bahwa dust level atau tingkat debu tak terlalu tinggi atau cukup aman bagi petugas.
  • Pastikan Bersih Hingga Pengerjaan Selesai

Saat pengerjaan sand blasting serta setelah proses pembersihan helm harus tetap dikenakan karena debu-debu halus masih menempel pada pakaian yang Anda kenakan. Membasahi sekitar area setelah proses dilakukan juga merupakan antisipasi dari bahaya partikel debu. Selain helm, petugas juga harus mengenakan headphone untuk menghindari bahaya polusi suara dai kompresor dan respirator pada saat proses cleaning atau saat memindahkan barang yang hendak diproses.

Baca Juga : Jenis-jenis Pasir Gunung dan Sungai

Sekali lagi bagi Anda yang hendak melakukan pekerjaan sand blasting perlengkapan pengamanan harus dikenakan agar kesehatan kita terjaga dengan baik. Bagaimana pun kondisi pekerjaan pembersihan tersebut yang harus diutamakan adalah keamanan pribadi atau petugas serta daerah sekitar. Peralatan pengamanan yang tepat sangat dibutuhkan dan tak boleh diabaikan. Nah, semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.