Persiapan Yang dilakukan Sebelum Pengecoran

1087 Dilihat

Persiapan Yang dilakukan Sebelum Pengecoran | Mitra. Sebelum melakukan proses pengecoran sebaiknya anda periksa dahulu bagian-bagian yang pentingnya. Sebab bila tidak di cek terlebih dahulu di takutkan akan terjadi yang tidak anda inginkan, seperti cor yang kropos, bekisting bocor, retaknya cor dak lantai dan masih banyak lagi. Untuk pengecekan persiapan sebelum cor tidak harus dibutuhkan ahli yang khusus, anda pun bisa untuk melakukan pengecekan sendiri. Namun yang pasti perhatikan beberapa langkah berikut dan pastikan bahwa keadaan dari persiapan sudah benar-benar matang.

 

Persiapan Yang dilakukan Sebelum Pengecoran
Persiapan Yang dilakukan Sebelum Pengecoran
  • Pengecekan Sebelum Pengecoran

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda waspadai sebelum proses cor dilakukan. Baiknya anda melakukan pengecekan ini sebelum memesan beton readymix ke plant perusahaan beton cor.

  1. Cek kembali rangkaian besi yang sudah di rakit, biasanya yang mungkin terjadi pada rakitan besi tidak di kaitkan dengan kuat. Akibatnya saat pengecoran berlangsung besi akan menurun atau besi tidak kuat untuk menahan beban cor, untuk sebab ini sebaiknya anda harus teliti.
  2. Sebelum coran dituang sebaiknya bersihkan semua kawat yang sudah tidak terpakai dan paku pada bekisting yang akan di cor.
  3. Periksa semua Bekisting dan Steger. kedua bagian  ini harus dicek ulang, apakah benar-benar bekisting sudah kuat untuk menerima beban cor serta para pengecor. Pastikan juga apakah jarak antara steger sudah aman untuk menerima beban cor. Apabila anda menggunakan bambu atau kayu, sebaiknya diplat diagonal kemudian dipaku dengan kuat atau bila perlu diikat dengan kawat. Ini untuk memastikan bahwa kondisi bekisting dan steger benar-benar aman untuk melakukan pengecoran.
  4. Perhatikan untuk tanah penopang dari steger perlu anda cek kembali apakah terjadi penurunan pada bagian ini. Sebab bila terjadi penurunan maka hasil cor lantai akan turun dan tidak akan datar kembali sebagai akibatnya dak lantai tidak lagi stabil dan mungkin disuatu hari akan terjadi keretakan. Untuk cara mengatasinya silahkan potongan papan atau kayu seukuran dengan turunnya bekisting kemudian masukkan dibawah steger (kayu atau bambu penyangga).
  5. Lakukan pengecoran dengan cepat, anda bisa menggunakan jasa ready mix concrete dan sewa pompa betonnya. Dengan menggunakan beton cor siap pakai sudah bisa dipastikan bahwa pengecoran untuk dak lantai akan cepat terselesaikan. Untuk tipe cor yang cocok anda bisa langsung menanyakan pada kami.

Itulah beberapa cara untuk Persiapan Yang dilakukan Sebelum Pengecoran, untuk menyambung artikel ini sebaiknya anda baca juga cara menghitung besi untuk cor dak lantai dengan mudah. Anda juga bisa memesan cor curah siap pakai atau ready mix kepada kami kapanpun anda perlu, silahkan hubungi kami melalui telepon atau email website ini. Terima kasih.