Pilih Pondasi Batu Gunung atau Cakar Ayam?

6204 Dilihat

Pilih Pondasi Batu Gunung atau Cakar Ayam? | Mitra CDI. Pondasi adalah salah satu komponen struktur rumah yang terletak pada bagian bawah dan berhubungan langsung dengan tanah. Karena pondasi bersinggungan secara langsung dengan tanah maka sering terjadinya risiko rembesan air tanah yang mana air tersebut naik ke struktur di atasnya sehingga bisa merusak bangunan. Supaya bisa mengatasi rembesan air tanah yang disebutkan tadi maka pada struktur pondasi diperlukan campuran trasraam yang mana artinya adukan semennya di dalam adukan diperbesar yakni semen: pasir 1:3, jadi adukan lebih keras dan padat tidak mudah hancur atau berlumut karena lembab.

Pondasi batu kali dan gunung atau cakar ayam
Pondasi batu kali dan gunung atau cakar ayam

Pondasi adalah bagian dari struktur yang mana sangat menentukan kekuatan dan juga kekokohan sebuah tempat tinggal. Pondasi ini fungsinya memikul semua beban tempat; mulai dari beban dinding, kemudian planfond, atap dan juga bangunan di atasnya. Perihal berapa kedalaman pondasi, pakai batu gunung atau cakar ayam itu tergantung dari struktur tanah yang akan dibangun. Pondasi di sebuah tempat tinggal pada umumnya menggunakan pasangan batu belah dengan perekat adukan semen dan juga pasir. Nah, ada juga jenis pondasi yang lainnya yakni cakar ayam. Apa perbedaaanya? silahkan simak penjelasan kami dibawah ini.

  • Pondasi Batu Kali Atau Gunung

Namanya pondasi batu kali dan gunung ini terbuat dari batu kali atau gunung yang di belah sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, biasanya antara 10, 20 dan 30cm ukurannya; dipasang dengan terstruktur dengan ketebalan bagian bawah /dasar 40 – 60cm dan ketebalan bagian atas lebih tipis yaitu 30cm. Batu pondasi ini direkatkan dengan adukan pasir hitam dan semen khusus untuk pondasi.

Kedalaman dan model struktur pondasi batu kali atau gunung ditentukan dari kondisi tanah yang akan dibangun. Kalau tanah kondisinya padat dan berada di area yang datar maka kedalaman 60cm untuk bangunan 1 lantai sudah cukup. Namun apabila kondisi tanah masih belum padat atau berubah-ubah maka diperdalam lagi menjadi 1,5m atau lebih atau menambah pondasi tiang di setiap sudutnya yang lebih tebal. Posisi pondasi ini yang harus diperhatikan adalah pada bagian utamanya yaitu pondasi sisi luar (bukan kamar dll) serta sambungan antara sudutnya karena pondasi ini fungsinya untuk menyangga beban asal konstruksi dinding yang harus kokoh dan stabil.

Baca Juga :

Pondasi ini dibuat dari beton bertulang berbentuk seperti kaki ayam yang diletakkan disetiap sudut bangunan dengan kedalaman 60cm s/d 3m, fungsinya sebagai pijakan struktur kolom supaya bisa lebih stabil lagi. Antara titik satu pondasi cakar ayam dengan titik lainnya disambungkan dengan besi kolom juga sehingga terikat sempurna dan tidak akan terpengaruh dengan kondisi tanah nantinya. Kolom ini nantinya bakal digunakan sebagai penyangga batu bata dinding bangunan. Besi yang diapakai pada pondasi jenis ini ukurannya bervariasi tergantung pada beban dan juga penggunaannya. Ada yang memakai besi 8 mm ada yang memakai besi 10, 12 hingga 15 mm. Besi tulangan pondasi ini pasalnya terlihat seperti kaki ayam maka dari itu namanya pondasi cakar ayam sehingga orang-orang sering sekali menyebutnya demikian.

Pada umumnya tebal pondasi ini antara 10 cm sampai dengan 15 cm tergantung juga pada beban struktur bangunan. Oleh sebab itu kwalitas beton sebagai komponen terpenting dari pondasi cakar ayam wajib sesuai dengan perhitungan strukturnya. Sesuai dengan kegunaannya seperti yang telah disebutkan di atas, posisi pondasi ini pada umumnya terletak di bawah kolom atau sudut-sudut pertemuan dinding yang ada di kolom struktur bangunan.

Baca Juga :

Untuk menentukan mana yang terbaik apakah pondasi dari batu kali atau dari cakar ayam yang harus dipakai? maka anda harus mengetahui terlebih dahulu kondisi tanah yang akan anda bangun, apakah sudah stabil atau labil atau berada di pinggiran sungai. Kalau kondisi tanah anda di tempat yang labil atau di pinggiran sungai maka direkomendasikan menggunakan pondasi cakar ayam. Namun jika berada di tanah datar yang sudah padat maka batu pondasi lebih pas tidak akan terlalu mahal.

Nah, sekarang sudah jelas bukan perbedaan dari dua pondasi tersebut, pondasi batu dan cakar ayam?