Dalam Pengecoran Haruskah Pakai Pompa Beton ?

599 Dilihat

Dalam Pengecoran Haruskah Pakai Pompa Beton ? | Mitra CDI dimana saja berada. Dalam pelaksanaan pembangunan gedung, sekolah, mall, atau yang lainnya salah satu material yang wajib ada adalah cor beton. Inilah sebabnya cor beton harus dibuat sesuai standar yang telah ditetapkan karena bila tidak dibuat dengan benar maka akan ada dampak yang terjadi mulai dari yang sifatnya ringan sampai berat yang bahkan bisa mengancam nyawa. Bila Anda memilih menggunakan beton readymix, dibutuhkan pompa beton untuk menyalurkan beton pada saat proses pengecoran dari truk mixer ke titik lokasi pengecoran.

Pompa Beton Mini
Pompa Beton Mini
  • Pompa Beton Cor Disewa Terpisah

Operator beton readymix pada umumnya tak menyediakan peralatan berat ini melainkan mempunyai perusahaan rekanan untuk membantu. Dan kami adalah salah satu dari perusahaan yang menyewakan pompa beton. Ada beragam tipe pompa beton yang bisa dipilih atau disesuaikan dengan jenis proyek. Tipe-tipe pompa tersebut adalah, concrete pump standar, concrete pump long boom, pompa portable, serta concrete pump mini. Klien bisa menyewa dengan sistem jam atau retail atau sistem bulanan.

Lihat Juga : Produk Pompa Beton Yang Kami Sewakan dengan klik DISINI

  • Tehnik Penyaluran Beton Cor Harus Tepat

Kembali ke soal beton cor, bahwa beton cor juga harus di saluran ke bekisting dengan cara yang benar atau dengan tepat agar kesegaran beton tetap terjaga. Inilah beberapa akibat yang berpotensi terjadi bila proses pengecoran tak dilakukan benar:

  1. Beton cor cepat retak

Sudah seharusnya beton cor dibuat dengan bahan serta komposisi atau takaran standar sebagaimana mestinya. Bila tidak maka dampaknya adalah keretakan pada cor beton tak lama setelah gedung tuntas dibangun. Artinya, retakan dapat dilihat bahkan di saat cor beton tersebut baru saja kering. Bila sudah demikian hendaknya pihak pembuat mengganti komposisi atau teknik pembuatan agar tak menimbulkan keretakan pada cor beton.

  1. Bisa keropos

Dampak kedua yang lebih serius adalah kekeroposan pada beton cor yang mungkin tak terlihat secara langsung. Bila keretakan mudah dideteksi karena terlihat dengan nyata, tetapi kondisi keropos artinya di dalam cor beton terdapat rongga yang tak terisi dengan bahan-bahan cor beton. Bagi pembeli sebaiknya cermati kondisi beton tersebut dan jangan membeli beton yang keropos.

  1. Permukaan bergelombang

Untuk membandingkan antara beton berkualitas bagus dan tidak, Anda bisa memperhatikan permukaan cor beton tersebut. Bila permukaannya halus, tanpa batu split yang terlihat muncul keluar maka bisa diyakini bahwa proses pengolahan berikut pencetakannya memang bagus. Tetapi bila permukaan cor beton tersebut kasar, tak merata, dan batu split tampak menonjol maka dari segi pengolahan serta pencetakannya berarti tidak bagus.

  1. Bisa ambruk

Akibat paling buruk akibat kelalaian saat pencetakan beton adalah beton cor menjadi roboh dan hal ini tentu tak diinginkan. Peristiwa ini tak hanya mengakibatkan kerugian dalam bidang materi yaitu dana tetapi juga kerugian fisik karena bisa menyebabkan kecelakaan. Bisa saja ada orang yang tertimpa beton ini dan akibatnya akan sangat serius yaitu luka hingga hilangnya nyawa. Akibat yang lebih buruk bisa terjadi bila yang roboh adalah cor beton dinding rumah atau gedung tinggi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya pilihlah perusahaan profesional atau bila perlu tersertifikasi. Demikian pula dengan pompa beton yang digunakan pada proses pengecoran selayaknya juga dipastikan kinerjanya agar tak menjadi penghambat dan penyebab mundurnya jadwal proyek akibat kerusakan. Saran dari kami pilihlah pompa beton yang prima kondisinya (no trouble) biarpun harga diawal terlihat lebih mahal sedikit. Demikian ulasan mengenai pompa beton pada pengecoran, semoga bisa menjadi referensi bermanfaat bagi Anda.

Apabila anda memerlukan konsultasi lebih detail tentang penggunaan pompa beton ini, silahkan hubungi kami melalui telepon yang kami sediakan dibagian atas website ini.