Rahasia Campuran Beton ReadyMix

625 Dilihat

Rahasia Campuran Beton ReadyMix | Mitra, banyak dari pelaku konstruksi tidak memahami betul campuran beton readymix yang baik sesuai dengan desain bangunan yang di rencanakan, bahkan mayoritas memahami bahwa campuran beton itu sama saja yaitu; adukan antara material pasir ditambah split ditambah semen dan air. Padahal kalau kita perhatikan dari berbagai perusahaan yang memperoduksi beton readymix /beton cor jadi seperti pionir beton, jayamix, holcim, adhimix dll, mereka membagi kualitas atau mutu betonnya kedalam beberapa tingkatan mutu, semua itu tentu ada maksud dan ada desian perencanaan mutu agar bisa disesuaikan dengan jenis konstruksi setiap bangunan.

Rahasia Campuran Beton ReadyMix
Rahasia Campuran Beton ReadyMix
  • Penjelasan Fungsi Mutu Beton

Nah pada kesempatan yang baik ini, kami akan membahas Rahasia Campuran Beton ReadyMix yang jarang sekali perusahaan supplier Beton ReadyMix membahasanya. Perlu anda ketahui setiap desain /bentuk konstruksi bangunan membutuhkan kualitas beton cor berbeda beda, sesuai dengan tinggi, lebar dan beban muat barang yang ada pada bangunan tersebut. Kami contohkan perbandingan desain bangunan Rumah dua lantai dengan desain gedung /ruko 4 lantai, keduanya pasti memiliki ukuran dan beban muat yang berbeda sehingga kualitas campuran betonpun pasti berbeda, keduanya tidak bisa disamakan antara mutu beton cor tiang rumah dua lantai dengan mutu beton cor tiang gedung empat lantai, biasanya rumah dua lantai untuk pengecoran tiangnya menggunakan mutu beton ReadyMix K250 sudah cukup dan untuk bangunan empat lantai harus mutu diatasnya biasanya pakai Beton ReadyMix K300 atau K325. Pertanyaanya sekarang, jika hendak mengaduk coran secara manual dalam artian tidak memesannya melalui perusahaan Beton ReadyMix, bagaimana cara mengetahui campuran mutu yang pas sesuai dengan kebutuhan desain bangunan yang sedang anda rencanakan? Berikut kami ulas khususnya untuk anda yang belum faham Rahasia Campuran Beton ReadyMix pada perusahaan perusahaan Plant Beton ReadyMix.

Disini kami hanya akan membahas mutu-mutu beton readymix yang sering dipakai padaumunya saja, karena kalau semua jenis mutu kami bahas tentu akan sangat membutuhkan penjelasan yang panjang. Beberpa mutu yang paling sering dipakai adalah K225, K250, K300, K350 dan K400.

  • Rahasia Campuran Beton ReadyMix K225

Apabila anda hendak membuat adukan /campuran beton Readymix dengan Kualitas Mutu Beton K225 untuk volume 1m3, maka bahan bahan material yang perlu di persiapkan adalah.

  1. Pasir Khusus Beton dengan kandunagan lumpur dibawah 10% sebanyak 698 kg.
  2. Batu Krikil atau Split Runcing dengan ukuran 1-2cm untuk dak lantai dan 2-3cm untuk tiang /pondasi sebanyak 1047 kg.
  3. Semen Portland sebanyak 371,000 kg.
  4. Air biasa sebanyak 215 liter untuk kekentalan standar (slump 12±2).
  • Komposisi Campuran Beton ReadyMix K250

Berikut komposisi campuran beton Readymix dengan Nilai Mutu Beton K250 untuk volume 1m3, jika anda hendak membuatnya lebih dari 1 m3 silahkan di kalikan takarannya sesuai dengan jumlah kubik yang anda butuhkan.

  1. Pasir Cor/ Beton dengan kandunagan lumpur dibawah 10% sebanyak 692 kg.
  2. Batu Split Runcing dengan ukuran 1-2cm untuk dak lantai dan 2-3cm untuk tiang /pondasi sebanyak 1039 kg.
  3. Semen Portland sebanyak 384,000 kg.
  4. Air biasa sebanyak 215 liter untuk kekentalan standar (slump 12±2).
  • Takaran Material Campuran Beton ReadyMix K300

Untuk membuat campuran beton Readymix dengan Kualitas Mutu Beton K300 sebanyak 1meter kubik (m3), maka anda harus mempersiapkan bahan bahan material berikut ini dan bisa dilipatkan takarannya sesuai dengan kebutuhan volumnya.

  1. Pasir Beton dengan kandunagan lumpur dibawah 10% sebanyak 681 kg.
  2. Batu Krikil Cor /Split Runcing dengan ukuran 1-2cm untuk dak lantai dan 2-3cm untuk tiang /pondasi sebanyak 1021 kg.
  3. Semen Portland sebanyak 413,000 kg.
  4. Air biasa sebanyak 215 liter untuk kekentalan standar (slump 12±2).
  • Rahasia Campuran Mutu Beton K350

Silahkan anda persiapkan beberapa jenis material berikut ini untuk membuat adukan /campuran beton Readymix dengan Kualitas Mutu Beton K350, takaran dibawah ini hanya untuk volume 1m3, jika anda hendak membuat volume lebih dari 1 m3 silahkan tambah sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pasir Khusus Cor dengan kandunagan lumpur dibawah 10% sebanyak 667 kg.
  2. Batu Split Runcing dengan ukuran 1-2cm untuk dak lantai dan 2-3cm untuk tiang /pondasi sebanyak 1000 kg.
  3. Semen Portland sebanyak 448,000 kg.
  4. Air biasa sebanyak 215 liter untuk kekentalan standar (slump 12±2).
  • Campuran Material untuk Mutu Beton K400

Sama seperti penjelasan campuran meterial pada mutu sebelumnya bahwa untuk membuat 1m3 beton Readymix dengan Kualitas Mutu Beton K400 ini anda harus menyiapkan empat jenis material alam berikut.

  1. Pasir Khusus Cor dengan kandunagan lumpur dibawah 10% sebanyak 653 kg.
  2. Batu Split Cor dengan ukuran 1-2cm untuk dak lantai dan 2-3cm untuk tiang /pondasi sebanyak 979 kg.
  3. Semen Portland sebanyak 483,000 kg.
  4. Air biasa sebanyak 215 liter untuk kekentalan standar (slump 12±2).
  • Saran Pencampuran Adonan Yang Benar

Dibawah ini adalah saran dari kami Cara mengaduk atau Mencampur takaran takaran yang telah ditentukan dari beberapa mutu diatas.

  1. Siapkan Tempat atau kotak khusus yang bersih berukuran 2 m2 agar tidak tercampur tanah atau lumpur.
  2. Tuang Pasir Beton yang sudah ditakar tadi terlebih dahulu dengan diberi lubang tengah pada tumpukannya.
  3. Tuang kan diatas lubang tersebut Semen Portland yang sudah ditakar, kemudian aduk aduk menggunakan sekop atau cangkul hingga tercampur merata dan berilah lubang kembali di tengah tengah nya.
  4. Tuangkan Air sesuai dengan takaran diatas atau kalau anda ingin adukan lebih encer bisa tambahkan lagi airnya dari ukuran 215 liter.
  5. Tambahkan Batu Split Cor yang sudah ditakar.
  6. Aduk semua adonan secara perlahan hingga rata dan Beton Cor Kualitas Plant ReadyMix sudah siap digunakan.

Demikan mitra, penjelasan Rahasia Campuran Beton ReadyMix dari beberapa mutu yang paling sering dipakai dan perlu anda ketahui. Jika anda hendak membuat campuran beberapa mutu beton readymix tersebut dengan cara manual atau tanpa memesannya ke perusahan batching plant anda bisa menggunakan tips diatas. Kami harap dengan hadirnya artikel ini bisa menjadi acuan bagi anda yang hendak mengaplikasin mutu beton sesuai dengan fungsinya dengan tidak asal aduk dan campur.

Kami juga selalu siap menerima saran atau konsultasi tentang beton ReadyMix ini dari anda semua. Silahkan hubungi kami apabila penjelasan disini kurang bisa difahami. Terima kasih