Ready mix concrete atau cor beton curah siap pakai (instant)

323 Dilihat

Ready mix concrete atau cor beton curah siap pakai | Mitra CV. SIGNAL READYMIX. Sebelum anda memesan salah satu produk dari kami, ada baiknya anda memahami lebih dalam lagi, apa itu Readymix Concrete atau cor beton curah siap pakai (instant). Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan mutu material beton instant yang pas untuk proyek yang sedang anda bangun. Berikut kami uraikan secara singkat pengertian dari Ready mix concrete, semoga bermanfaat untuk anda.

Ready mix concrete atau cor beton curah siap pakai
Pabrik olahan beton atau batching plant

Mengenal Ready Mix Concrete

Ready mix concrete adalah cor beton curah siap pakai (instant) atau biasa disebut Beton Ready Mix yang diproduksi di pabrik olahan beton atau batching plant. Ready mix ini banyak dipilih oleh proyek-proyek bersekala menengah ke atas, karena ketepatan campuran dan waktu pengaplikasian yang lebih hemat jika dibanding dengan pengecoran secara manual. Beberapa sarana yang biasa terlibat dari mulai tahap produksi sampai dengan pengecoran diantaranya sebagai berikut;

  • Batching Plant

Batching Plant adalah tempat atau pabrik yang di bangun khusus untuk proses pengadukan bahan material dasar beton, seperti; semen, pasir, air, split (batu kerikil) dengan volume takaran sekala besar, sesaui kadar masing-masing dari tipe mutu yang telah di tetapkan hingga menjadi Ready mix concrete atau cor beton curah siap pakai (instant) yang kemudian dituangkan ke truk mixer (truk molen) untuk dikirim ke lokasi pengecoran. Sebuah pabrik olahan beton /batching plant dapat melayani wilayah yang luas dengan area jangakau tidak lebih dari 4 jam perjalanan.

  • Truk Mixer (truk molen)

Truk mixer ini berguna untuk mengangkut ready mix concrete dari batching plant ke lokasi pengecoran, ada dua tipe truk mixer pengangkut Ready mix concrete, diantaranya;

  1. Truk mixer standar, biasanya tipe truk ini hanya mampu memuat kurang lebih 7-8 m³ ready mix concrete untuk sekali angkut. Sayangnya tipe truk ini tidak bisa mengakses jalan yang sempit atau menanjak ke lokasi pengecoran, akan tetapi harga perkubiknya lebih murah.
  2. Truk mixer mini, tipe truk ini daya angkutnya lebih sedikit dari tipe standar, kurang lebih 3 m³ untuk sekali angkut dan harganyapun lebih mahal. Ini dikarenakan memiliki kemampuan lebih fleksibel bisa mengakses semua medan jalan ke lokasi pengecoran.
standard-k-125
Truk Mixer (truk molen)

Silahkan buka halaman Jenis Truk Mixer Beton atau Truk Molen untuk mengetahui lebih detail spesifikasinya.

  • Pompa Beton (concrete pump).

Pompa Beton atau Concrete Pump adalah mesin untuk menaikan ready mix concrete  dari truk molen ke lahan pengecoran, tipe mesin ini yang sering disewa ada enam macam, diantaranya;

  1. Pompa Beton Tipe Mini. Tipe pompa beton ini jarak jangkaunya paling pendek dibanding dengan tipe pompa beton yang lainnya. Biasanya tipe pompa beton ini mampu menjangkau ketinggian pompa 16m lebih atau untuk dua lantai kebawah.
  2. Pompa Beton Tipe Standar. Tipe pompa beton ini jarak jangkaunya lebih jauh sedikit dari tipe Pompa Beton Mini, yakni mampu menjangkau 18m – 20m tinggi bangunan.
  3. Pompa Beton Long Boom. Jenis pompa beton long boom ini khusus diperuntukan untuk memompa beton ready mix dengan ketinggian jangkau 27 meter tinggi bangunan.
  4. Pompa Beton Super Long Boom. Nah kalau tipe pompa beton yang ke 4 ini mampu memompa cor beton instan dari truk mixer dengan ketinggian bangunan 33 m lebih.
  5. Pompa Beton Super Double Long Boom. Pompa Beton jenis ini yang paling mahal harga sewanya dari harga pompa sebelumnya karena memang jarak jangkaunya yang paling tinggi sekitar 40m – 50m.
  6. Pompa Beton Kodok. kalau jenis Pompa Beton ini fungsinya lain dari yang lainnya, bisanya digunakan untuk meompa cor beton pada proyek pengecoran bendungan, subway dan sejenisnya, jenis pompa ini mampu memompa beton sampai kejauhan 100m – 200m.
Pompa Beton (concrete pump)
Pompa Beton (concrete pump)

Untuk mengetahui harga /ketentuan sewa semua jenis pompa beton diatas, silahkan kunjungi halaman Daftar Harga Sewa Concrete Pump.

  • Vibrator Beton

Dalam setiap proses pengecoran, alat ini tidak bisa ditinggalkan. Karena memiliki fungsi yang urgent sebagai alat yang berguna untuk memadatkan beton yang sedang di tuang kedalam bekisting. Dengan menggunakan alat ini, proses pengecoran menjadi lebih cepat dan mudah dengan hasil lebih padat juga terbebas dari kekeroposan akibat gelembung beton.

sewa-vibrator-bensin
vibrator beton tipe enzim

Jenis-jenis Mutu Ready Mix Concrete atau Cor Beton Curah Siap Pakai

Sesuai dengan fungsinya produk ready mix concrete atau cor beton curah siap pakai (instant) ini terdiri dari beberpa macam kelas mutu beton, diantaranya; mutu untuk konstruksi non struktural adalah B0, K100, K125, K150, K175, K200. Dan untuk jenis konstruksi struktural seperti K225, K250, K275, K300, K325, K350, K375, K400, K425, K450, K475 dan K500. Inisial huruf “K” tersebut berarti Karakteristik atau Kualitas dari Mutu Beton, sedangkan Nomor dari 100 s/d 500 adalah nilai angka dari tekanan maksimal beban beton per m². Seperti mutu K 125, berarti mutu tipe ini memiliki kuat tekanan 125 kg/m² (persegi).

Untuk mengetahui fungsi atau kegunaan dari masing-masing mutu readymix concrete anda bisa mengakses halaman berikut; “MINIMIX” atau “STANDAR“. Juga bisa menghubungi kami langsung pada line telepon resmi kami yang tercantum di web ini

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang ready mix concrete atau cor beton curah siap pakai (instant). Semoga bermanfaat untuk anda yang masih awam dalam dunia kontruksi khususnya ready mix concrete atau concrete pump. Terima kasih.