Solusi Agar Dak Beton Tidak Melengkung

665 Dilihat

Solusi Agar Dak Beton Tidak Melengkung | Mitra. Dalam pengerjaan cbeton cor apapun bisa terjadi beberapa masalah setelah di bongkar bekistingnya. Salah satu masalahnya adalah beton melengkung atau bahkan retak. Tentu hal ini tidak anda harapkan, selain akan terlihat sangat menyebalkan dak yang melengkung juga membuat kondisi tidak aman saat lewat di bawah dak tersebut. Lalu siapa yang harus di salahkan kalau sudah begini ? apakah anda atau tukang bangunan ? . Kami kira semua berperan penting dalam hal ini. Anda pun berperan sebagai pemilik rumah dan tukang bangunan pun juga berperan karena mereka yang mengerjakan dari mulai awal sampai akhir pengecoran.

Solusi Agar Dak Beton Tidak Melengkung
Solusi Agar Dak Beton Tidak Melengkung
  • Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Perencanaan Dak Beton

Sebagai solusi pengerjaan cor beton yang baik, sudah tentu melibatkan semua aspek, baik anda sendiri dan tukang anda. Untuk itu perlu anda perhatikan masalah ini dan rencanakan dengan tepat supaya mendapatkan hasil dak yang kuat dan tepat sehingga tidak akan menimbulkan kekecewaan saat sudah di lakukan pengecoran. Berikut ini yang perlu anda perhatikan saat perencanaan dak beton:

  1. Pertama perlu anda perhatikan kekuatan dari tiang penyangga bekisting, dalam hal ini adalah kayu atau besi yang anda buat sebagai penahan bekisting beton. Anda harus pastikan kekuatan dari tiang penyangga bekisting dak beton ini sesuai dengan kondisi dan beban yang akan menimpa penyangga. Untuk itu bila anda menggunakan penyangga bekisting dari kayu, pilihlah kayu yang berkualitas dan tidak keropos. Apabila anda menggunakan besi pilih besi yang benar-benar kuat namun tidak memberatkan kondisi bangunan dalam hal ini adalah tembok dibawahnya sebagai penyangga besi.
  2. Jangan membongkar tiang penyangga terlalu cepat, hal ini akan menyebabkan beton retak dan melengkung. Untuk itu pastikan bahwa kondisi cor beton benar-benar kering dan kuat. Waktu yang ideal untuk bongkar tiang adalah ketika beton berumur 28 hari setelah pengecoran. Bila hal ini tidak anda perhatikan kemungkinan dak beton yang di hasilkan akan melengkung atau retak. Solusi terbaik sebaiknya tanyakan pada ahlinya yaitu orang yang sudah berpengalaman dalam pengecoran. Ini sebagai langkah antisipasi dan sebagai Solusi Agar Dak Beton Tidak Melengkung.

Itulah beberapa cara Agar Dak Beton Tidak Melengkung dan retak. Sebenarnya yang harus anda cermati saat mulai membuat bekisting dan tiang penyangga adalah kekuatan papan kayu untuk bekisting dan kaso /besi untuk penyangganya. Sebab bekisting dan tiang penyagga dak beton inilah penyebab utama terjadinya dak melengkung. Semoga artikel ini akan bermanfaat dan menambah wawasan anda ketika hendak ingin membuat dak beton.

Baca Juga : Waktu yang tepat untuk bongkar Bekisting. dan Jenis mutu beton untuk cor dak lantai dan Biaya dak rumah per meter persegi (m2)