Cara Finishing Pengecoran Jalan Beton

2387 Dilihat

Cara Finishing Pengecoran Jalan Beton | Mitra CDI yang berbahagia. Berjumpa lagi dengan kami pada artikel yang kami sajikan khusus untuk anda para konsumen cor beton instant (readymix concrete). Kami berharap pada artikel kami kali ini anda mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari kami. Baik mitra kami yang berbahagia, langsung saja pada topik pembicaraan sesuai dengan judul diatas “Tahapan Finishing Pengecoran Jalan Beton”.

Finishing Pengecoran Jalan Beton
Finishing Pengecoran Jalan Beton

Pada proses pengecoran jalan, baik itu jalan raya (rigid) atau jalan yang lainnya, ada beberapa tahapan proses pengerjaan sesuai dengan bagiannya. Biasanya terbagi dua bagian; yang pertama: Bagian persiapan kontruksi dasar pengerasan lahan, pemasangan besi juga bekisting dan yang kedua: Bagian Proses pengecoran hingga finish. Nah pada artikel kami kali ini, kami hanya akan membahas Proses Pengecoran hingga finish saja. Jika anda ingin mengetahui prosesnya dari awal, silahkan baca artikel kami sebelumnya Proses Konstruksi Dasar Jalan Beton.

Berikut Tahapan Finishing Pengecoran Jalan Betonnya:

  • Menuangkan Cor Beton

Setelah tim kerja telah menyelesaikan sekitar 70% konstruksi dasar jalan, seperti; pemasangan besi dan bekisting (form work). Selanjutnya jika anda adalah pengendali atau penanggung jawab dari proyek, segera lakukan pemesanan Beton Cor Readymix ke bathcing plant terdekat dengan lokasi proyek anda. Mutu yang direkomendasikan untuk cor jalan rigid ini terdiri dari 3 atau 2 lapisan mutu dengan ketebalan 15 – 20cm, yaitu; 5cm lapisan dasar dengan mutu B0, 5cm lapisan diatasnya dengan K300 dan sisa lapisan paling atasnya menggunakan K350. Ketiga mutu beton tersebut boleh menggunakan mutu beton biasa 28 hari kering atau beton fast track 3 hari kering, tergantung situasi dan kondisi yang dibutuhkan.

Pastikan persiapan kontruksi, seperti; pemasangan besi dan papan penahan beton (bekisting) sudah benar-benar pada posisi yang akurat dan kokoh. Kemudian persiapkan juga alat untuk meratakan beton, biasanya kayu balok yang lurus atau material lain yang sejenis. Persiapkan juga mesin Vibrator sebagai alat pembantu untuk memadatkan cor beton. Dan yang tidak boleh dilupakan mempersiapkan makanan plus minuman penyegar seperti kopi dll untuk para tukang. Selanjutnya dengan secara perlahan tuangkan cor beton dari truk mixer (truk molen) ke area pengecoran. Disarankan proses penuangan dari ujung jalan terlebih dahulu agar mudah diratakan.

  • Penyebaran Coran

Pada tahap keduanya adalah memadatkan atau pemerataan cor beton yang sudah di tuang. Kalau pada pengecoran dak lantai atau tiang, biasanya proses pemadatannya dengan mesin vibrator agar lebih cepat dan terjaga kesegaran mutu betonnya. Nah untuk pengecoran jalan beton, sebenarnya tidak perlu mesin pemadat khusus, karena susunan besinya tidak sepadat pada sususnan kontruksi dak dan tiang. Namun tidak ada salahnya memakai alat bantu vibrator sebagai pemadat cornya. Pastikan kayu balok yang akan di gunakan untuk meratakan coran panjangnya melebihi lebar jalan yang sedang di cor dan yang paling penting lurus tidak bengkok. Usahakan jangan memakai kayu balok ringan, pakailah kayu balok yang berat agar proses pemerataan lebih ringan dan padat, gunakan tehnik menggergaji untuk menarik dan mendorong balok.

  • Penghalusan Cor /Finishing

Pada tahap ketiga ini, anda harus menyediakan alat penghalus khusus permukaan beton atau bahasa kerennya Darby (alat yang digunakan untuk melester dinding bangunan). Tahap penghalusan dengan Darby in dilakukan setelah cor beton yang sudah diratakan dalam keadaan stengah kering, karena tujuannya hanya untuk lebih memadatkan bagian atas cor beton saja. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah membuat tali air atau sendi kontrol dari pinggir ke pinggir yang berguna untuk mengalirkan endapan air pada permukaan beton. Setelah semua coran sudah selesai, tutuplah semua permukaan beton dengan karung goni dll yang bisa menyerap air. Agar kelembaban coran tetap terjaga sampai beton berumur 28 hari jika jenis mutu beton biasa yang digunakan dan 3 hari untuk mutu beton khusus fast track dan siap di gunakan.

Kesimpulannya, Pada Tahapan Finishing Pengecoran Jalan Beton ini yang paling penting adalah mempersiapkan tim kerja yang solid dan memenej waktu. Agar proses pengecoran berjalan lebih cepat sehingga kualitas kesegaran beton tetap optimal.

Baca juga artikel tentang Biaya Pengecoran Jalan per M².

Demikian Tips singkat dari Tahapan Finishing Pengecoran Jalan Beton yang kami dapat uraikan kehadapan anda saat ini. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jika anda memerlukan jasa supplier cor beton instant (readymix concrete), jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami melalui layanan email dan telepon website ini. Tim kami siap membantu memenuhi semua kebutuhan cor beton anda, terima kasih.