Tahapan Membuat Pondasi Rumah dengan Cor Beton

5561 Dilihat

Tahapan Membuat Pondasi Rumah dengan Cor Beton | Mitra CDI yang berbahagia. Sebagian orang mempunyai alasan mengapa mereka membangun rumah bertingkat atau rumah lantai dua ?. Alasannyapun berbeda-beda seperti; karena tanah atau area yang terbatas sehingga mereka tidak bisa menambah ruangan lagi ke belakang atau ke samping. Ada juga yang beralasan karena memang berkeinginan mempunyai rumah bertingkat agar mengikuti zaman. Nah, kami sekarang akan mengulas tentang membangun rumah bertingkat yang kuat dengan pondasi cor beton serta bahan-bahan untuk membuat lantai di bagian atasnya. Berikut kami ulas tahapan-tahapan yang harus di lakukan untuk membuat pondasi rumah bertingkat /Membuat Pondasi Rumah dengan Cor Beton yang kuat dan kokoh.

Tahapan Membuat Pondasi Rumah dengan Cor Beton
Tahapan Membuat Pondasi Rumah dengan Cor Beton

Kami juga menjual Material Batu Kali dan Belah untuk pondasi Rumah /Gedung dengan harga miring (murah). Untuk negosiasi & pemesanannya, silahkan anda tlp kami melalui nomor 0857 7678 6091 (Bpk Maman). Anda juga dapat melihat daftar harganya DISINI.

  • Tahapan Membuat Pondasi Rumah

Agar mudah difahami, disini kami mencontohkan dengan satu ukuran rumah 5×10 m. Bagi anda yang akan membangun rumah bertingkat dengan ukuran 5×10 meter. Anda bisa menggunakan tahap-tahap di bawah ini untuk membuat pondasinya. Berikut tahap-tahapnya:

  1. Membuat tiang cor beton yang menancap ke dalam tanah dengan jarak 3 meter per tiang, dengan kedalaman 2 meter sampai 3 meter dan lingkaran tiang ber diameter 20 cm.
  2. Di empat sudut bangunan di beri cor beton cakar ayam dengan panjang cakar ayam 1 meter persagi dan ketebalan cor beton 40 cm sampai 50 cm.
  3. Tahap berikutnya membuat pondasi bangunan rumah vertikal yang akan menyambungkan satu tiang dengan tiang lainnya. Ketebalan /diameter pondasi 25 cm s/d 30 cm.
  4. Setiap sudut ruangan di beri besi cor lebihan untuk menyambung rangkaian besi tiang sudut rumah nantinya.

Setelah cor untuk pondasi dan dinding lantai bawah sudah jadi, tahap berikutnya membuat cor untuk lantai atas. Dan anda harus menyiapkan bahan-bahan untuk membuat lantai rumah bertingkat

  1. Bahan yang perlu di siapkan terlebih dahulu seperti; triplek buat bekisting, steger buat penyanga bekisting, besi yang sudah diram [di rakit] dan bahan cor beton yang akan di aduk dengan molen. Atau anda juga bisa menggunakan jasa beton readymix jika ingin praktis.
  2. Untuk hasil yang kuat rakitan besi bekisting jaraknya 10 cm dengan model rakitan besi sersak dan jarak 50 cm untuk rakitan besi balok.
  3. Untuk bekisting gunakan triplek dengan ukuran 9 milimeter dan gunakan kayu ukuran 4 cm x 6 cm untuk dasaran triplek dengan jarak 50 cm.
  4. Siapkan steger yang kuat untuk menyangga beban dari cor beton, misalkan dengan bambu atau pipa besi atau scaffolding.

Setelah semua bahan-bahan untuk membuat lantai atas rumah bertingkat sudah siap, kini saatnya untuk pengecoran membuat dak lantai. Untuk pengerjaan lebih cepat anda bisa menggunakan readymix concrete (Beton Ready Mix) yang jelas akan memperingan tenaga dan dana anda dalam masalah pengecoran. Jenis mutu yang tepat untuk cor dak lantai 2 adalah Mutu K225, K250, K275 dan K300. Cara order atau pemesanan Ready Mix Beton ini baiknya dilakukan 3 (tiga) atau 2 (dua) hari sebelum proses pengecoran. Silahkan hubungi kami untuk negosiasi harganya melalui daftar telepon diatas.