Takaran Yang Tepat untuk Cor Beton

610 Dilihat

Takaran yang Tepat untuk Cor Beton | Mitra. Membuat cor beton memang harus menggunakan takaran yang tepat, agar kekuatan dari cor beton bisa maksimal dalam segi daya tahan dan minimal dari segi biaya. Dan juga supaya perbandingan dari pasir, semen dan batu seplit tidak kebanyakan atau tidak pas maka ketepatan campuran material beton cor harus benar-benar diperhatikan. Kebanyakan dalam praktek di lapangan para tukang menggunakan takaran beragam seperti; timba, sekop, dan juga dolak. Jenis peralatan tersebut semua bisa digunakan, asalkan dalam sekali adukan menggunakan satu jenis saja jangan dicampur.  Lebih jelasnya berikut kami paparkan beberapa takaran yang pas untuk membuat cor beton, silahkan diperhatikan.

Takaran yang tepat untuk cor beton
Takaran yang tepat untuk cor beton
  • Perhitungan Takaran Cor Yang Tepat

Takaran menggunakan timba cor sudah menjadi alat yang umum untuk di gunakan oleh para tukang bangunan. Dan takaran pada umumnya di buat seperti Berikut ini bila menggunakan timba cor, misalnya; 1 timba semen, 2 timba pasir, 3 timba split. Kalau semen sekarang per karung beratnya 40 kg bila kita takar mengunakan timba cor menjadi 7 timba. Jadi kalau 1 karung semen, 14 timba pasir, 21 split.

Kalau anda akan membuat dak cor beton dengan tebal 12 cm mengunakan penghitungan di atas, 1 karung semen bisa untuk 1 m persegi. Misalnya anda akan membuat dak cor beton ukuran 5 m X 8 m anda akan membutuhkan 40 karung semen. Hal ini tidak akan sulit lagi dan tidak membutuhkan lebih banyak dana bila anda menggunakan ready mix concrete atau beton siap pakai dari jayamix, holcim, pionir dll. dengan menggunakan cor beton siap pakai, semua takaran beton akan tepat dan satu lagi untuk dana kemungkinan akan lebih ringan bila anda bandingkan dengan cara-cara diatas.

  • Beton Berkualitas Harus Tepat Mutu

Untuk membuat cor beton berkualitas tidak harus menelan banyak biaya sebab belum tentu dengan banyaknya material semen atau split, bisa membuat bangunan anda semakin kuat. Namun sebaliknya yaitu jika cor beton tidak sesuai takarannya dengan struktur desain bangunan akan menimbulkan retak, bahkan parahnya setelah berselang beberapa tahun akan runtuh. Untuk menangani hal ini sebaiknya anda menggunakan takaran cor beton yang sesuai. Pemilihan kualitas cor yang tepat akan membawa dampak baik untuk bangunan anda.

Sebagai saran sebaiknya anda konsultasi dengan tukang bangunan anda atau langsung konsultasi dengan ahli dalam bidang cor. Sebab kebutuhan cor itu berbeda-beda, anda bisa langsung bertanya via kontak tim CDI tentang kebutuhan cor beton anda. Bagaimana baiknya dan tipe mutu beton cor apa yang tepat untuk konstruksi bangunan anda. Kami juga bersedia survey lokasi untuk meninjau kebutuhan beton cor diproyek anda.