Tutorial Pengecoran Tangga Beton

4431 Dilihat

Tutorial Pengecoran Tangga Beton | Mitra CDI. Setelah kemarin kami share artikel tentang Tahapan Finishing Pengecoran Jalan Beton, kali ini kami kembali akan berbagi dengan anda tips terbaru kami tentang  Tehnik Pengecoran Tangga Beton. Semoga dengan hadirnya artikel ini kehadapan anda, memberi sedikit kontribusi ide perencanaan pembangunan proyek anda.

Pengecoran Tangga Beton
Pengecoran Tangga Beton

Pada Tehnik Pengecoran Tangga Beton, berbeda dengan tehnik pengecoran dak atau tiang. Tehnik Pengecoran Tangga Beton ini, besi yang digunakanpun harus benar-benar seimbang dengan kemiringan dan tinggi sebuah tangga beton yang direncanakan. Berikut kami susun langkah-langkah singkat tentang Tehnik Pengecoran Tangga Beton untuk anda.

  • Tahap 1 Pengecoran Tangga Beton

Sebelum anda membeli atau memesan bahan material untuk pembuatan tangga beton, terlebih dahulu ukurlah tinggi bangunan dari lantai bawah ke lantai berikutnya. Tujuannnya agar mendapat gambaran bentuk tangga seperti apa yang cocok dengan tinggi bangunan yang telah diperoleh tadi. Selain itu agar dapat mengkalkulasikan anggaran dana dari rancangan pembuatan tangga beton tersebut. Setelah diketahui tinggi, panjang dan lebar tangga yang di inginkan, tentukan ukuran besi yang sesuai dengan kontruksi yang anda desain. Kami sarankan jangan terlalu miring dan terlalu datar, desain tangga yang baik adalah yang menempel langsung dengan dinding sudut bangunan. Setelah itu menghitung kebutuhan bahan material pendukung lainnya, seperti untuk bekistingnya: papan kayu, kaso, paku dll.

Baca juga: Daftar Jenis dan Harga Besi Beton Cor

  • Tahap 2 Membuat Bekisting Tangga

Selanjutnya setelah bahan material yang diperlukan tersedia, pada tahap kedua, anda mulai membuat form work (bekisting) sbg penyanggah besi dan cor beton. Agar lebih rapi untuk hasil akhirnya nanti, kami sarankan anda memakai bloktik (teriplek tebal ± 9 mm) sebagai alas bawah form work-nya. Dan yang paling penting adalah menggunakan kaso dengan jarak lebih rapat (± 1 m) agar tidak terjadi bahaya yang fatal pada saat pengecorannya.

Baca juga: Menghemat Biaya Dak Lantai

  • Tahap 3 Merangkai Besi

Pada tahap ketiga ini, setelah form work (bekisting) telah siap, anda tinggal memotong besi dan merangkainya langsung diatas bekisting. Perlu di perhatikan pada bagian tangga yang menempel dengan dinding samping. Usahakan besinya di tanam langsung ke dinding tersebut dengan cara di bor atau menggunakan fisher besi (dinabol) yang kemudian di las antara besi dengan fisher tersebut. Sementara untuk sambungan tepi tangga bagian atas dan bagian bawah maka besinya harus di bor atau di las agar kokoh dan menyatu dengan beton yang lama.

Baca juga: Jenis Besi untuk Cor Dak Lantai dan Jalan

  • Tahap 4 Menuang Cor Beton

Pada tahap terakhir ini, setelah pekerjaan menyusun konstruksi besi 70% selesai, selanjutnya anda mempersiapkan material untuk pembuatan cor beton, seperti; kerikil (split), pasir hitam dan semen. Jika anda akan menggunakan jasa supplier cor beton instant /Readymix, usahakan anda memesannya minimal 3 atau 2 hari sebelum proses pengecoran. Perlu diperhatikan takaran komposisi semen dan split, jangan sampai terlalu banyak semen karena akan menyebabkan beton gampang retak atau jangan terlalu banyak pasir karena beton akan gampang keropos. Pada ujung bagian atas lantai yang akan di sambung dengan tangga beton, olesi dengan lem khusus beton terlebih dahulu agar benar-benar menyatu antara coran baru dengan coran lama. Setelah selesai proses pengecorannya biarkan selama 28 hari hingga tangga beton yang anda buat benar-benar kering dan bekistingnya siap dibongkar.

Menurut pengalaman kami selama 10 tahun lebih menekuni supply cor beton instan, mutu beton yang cocok untuk pengecoran pada tangga beton adalah K225, K250 dan K300.

Kesimpulannya, pada Tehnik Pengecoran Tangga Beton ini yang paling penting dan harus anda perhatikan adalah; penggunan ukuran besi yang tepat, kemiringan tangga, sambungan besi pada beton baru dengan beton lama dan  komposisi adukan cor beton.

Demikian yang bisa kami sampaikan dari tips Tehnik Pengecoran Tangga Beton, semoga memberi sedikit kontribusi pada perencanaan kontruksi bangunan anda. Jangan lupa menghubungi kami jika anda membutuhkan cor beton siap pakai (beton readymix) melalui layanan email atau telepon website ini.