Apakah Besi Beton Polos Lebih Diminati ?

1170 Dilihat

Apakah Besi Beton Polos Lebih Diminati ? | Mitra CDI. Tahu kah anda apa itu besi beton?. Nah, maksud atau pengertian dari besi beton adalah produk besi yang diolah khusus untuk betonisasi atau untuk pembuatan konstruksi beton. Besi olahan ini banyak beredar di pasaran serta mempunyai toleransi dan dimensi yaitu selisih marking diameter atau toleransi antara diameter besi beton real dengan besi beton biasa yang beredar dipasaran. Untuk standar Indonesia toleransi besi beton berukuran +-0.2 dari marking diameter. Besi beton ini umumnya dipakai untuk struktur balok, sloof, kolom, dinding, serta besi poer atau untuk  pembangunan gedung-gedung bertingkat tinggi. Ada dua jenis besi beton yaitu  besi beton ulir dan besi beton polos atau round bar yang menunjukkan bahwa permukaannya benar-benar bersih tanpa ulir. Beton polos sendiri mempunyai ukuran diameter mulai  dari 6mm sampai dengan 25 mm serta panjang 12 meter (lurus) dan 6 meter (tekuk).

Lihat Juga : Daftar Harga Besi Cor Terbaru

Besi beton polos
Besi beton polos
  • Alasan besi beton polos lebih diminati

Memang ada alasannya mengapa  besi beton polos dikatakan lebih diminati daripada besi beton ulir dan lainnya. Berikut ini ulasannya:

    • Besi beton polos lebih mudah didapatkan di toko-toko materal kecil dan besar bila dibandingkan dengan jenis besi ulir, sehingga besi beton polos menjadi material unggulan yang banyak digunakan oleh konsumen.
    • Besi beton polos lebih mudah digunakan dan dibentuk, baik untuk membuat rangkaian besi coran, pagar, dekorasi atau kebutuhan lainnya. Dengan demikian besi beton polos bisa dipastikan sangat cocok untuk berbagai keperluan konstruksi bangunan.
    • Kualitas besi beton polos juga lebih baik karena dibuat dari materi seperti billet dan skrap. Skrap adalah besi bekas atau besi tua yang dilebur bersamaan pada suhu tertentu, sementara billet adalah baja batangan yang dibuat dengan cara mengecor biji besi.
    • Alasan berikutnya adalah tidak dibutuhkan biaya pemeliharaan yang tinggi bila menggunakan besi polos ini  sehingga usia ekonomisnya lebih tinggi bila dibandingkan bahan lainnya.
  • Perbedaan Ukuran Besi Polos

Kebanyakan jenis beton yang banyak beredar di pasaran adalah Krakatau Steel atau KS, MSI, HJSI, HJ, serta master steel. Sesuai standar SNI kekuatan besi beton polos standar ukuran full atau BJPT 34. Meskipun demikian faktanya ada toleransi untuk beberapa brand besi beton tertentu, misalnya beberapa merk besi beton dengan ukuran kurang lebih mencapai 1.01 mm. Meskipun ukuran besi tidak terlalu memenuhi ukuran standar bukan berarti merk tersebut tidak dapat digunakan. Karena kualitasnya yang sangat baik, beberapa merk tertentu bahkan bisa sangat diminati. Konsumen juga tidak ragu untuk menggunakan jenis besi tersebut pada bangunan. Kandungan  materi pada  beton polos pada umumnya adalah KS, Si, C, Mn, S, P, Ni, V, serta Cr. Ada pula mechanical properties pada besi beton seperti batas ulur, kuat tarik, dan regang.

Baca Juga : Jenis Besi Beton untuk Cor Rumah dan Jalan

Kesimpulannya dari ulasan di atas besi beton polos sangat sesuai untuk dipakai pada berbagai jenis kebutuhan karena  telah terbukti lebih mudah di aplikasikan dibanding dengan jenis besi yang lain serta lebih menghemat anggaran biaya karena harganya yang lebih terjangkau dan mudah didapatkan. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit karena Anda bisa membelinya di toko bahan bangunan terdekat di kota anda.Besi Beton Polos