Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton

1004 Dilihat

Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton | Mitra. Jika anda bertanya “langkah apa saja yang harus ditempuh untuk menghasilkan finishing cor beton yang baik?“. Pada artikel kami kali ini, akan kami bahas Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton. Karena masih banyak dari para pelaku pengerjaan cor beton yang kami lihat dilapangan, tidak tahu betul cara yang tepat untuk memperhalus finishing betonnya.

Tips Pengerjaan Cor Beton Yang Baik
Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton

Kata Finishing pada cor beton sendiri dapat didefinisikan sebagai proses meratakan, menghaluskan, memadatkan sehingga menghasilkan penampilan cor beton yang diinginkan.

Baca Juga : Biaya Cor Lahan Parkir Per Meter

  • Tahapan dari Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton

Ada tiga Langkah cara Finishing Cor Beton yang kami rekomendasikan untuk anda, berikut langkah-langkahnya.

  1. Screeding.
    Screeding adalah langkah pertama dari Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton. Screeding berguna untuk meratakan permukaan cor beton yang sudah tertuang kedalam bekisting. Meratakannya biasanya dengan alat screed. Alat ini terbuat dari kayu balok panjang dengan permukaan satu sisi yang rata. Screeding yang baik adalah dengan cara membuat galangan memanjang terlebih dahulu pada setiap lebar 2m lahan bekistingnya dengan ketebalan galangan yang menyesuaikan bentuk finishing yang di inginkan. Setelah galangan kering kemudian meratakan cor betonnya dengan alat screed  seperti gerakan menggergaji yang dilakukan minimal oleh dua orang
    . Proses ini diulang sampai hasil permukaannya rata dan tidak berlobang (bergelombang).
  2. Floating
    Setelah proses screeding dilakukan, langkah selanjutnya adalah floating dengan tujuan untuk menghilangkan ketidak teraturan pada permukaan beton yang tersisa setelah screeding. Proses floating
    ini dilakukan dengan alat pelampung kayu (papan kayu yang tipis atau lainnya, seperti; aluminium dll). Ukuran pelampung kayu biasanya panjang sekitar 1,5 m dan lebar 20 cm dengan panjang kayu pegangan sekitar 3 m. Floating dilakukan dengan gerakan maju dan mundur hingga benar-benar hilang (rata) sisa-sisa cor beton dari proses sreeding sebelumnya.
  3. Trowelling
    Pada tahap /langkah terakhir dari Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton ini adalah Trowelling. Trowelling adalah finishing akhir halus yang keras dan tahan abrasi dengan alat scrub. Trowelling juga biasnya diperlukan untuk merapihkan permukaan sudut-sudut yang belum selesai secara memuaskan dalam proses floating. Trowelling ini harus dilakukan setelah semua kelebihan air pada cor beton telah menguap. Trowelling dengan scrub dari bahan baja atau aluminium dan karet akan memberikan hasil finishing yang sangat halus dibanding dengan scrub yang terbuat dari bahan kayu. Ukuran scrub standarnya dengan  panjang 25 sampai 50 cm dan lebar 8 sampai 12 cm.

Baca Juga : Pentingnya Memilih Beton Cor Tepat Mutu

Itulah mitra Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton yang dapat kami sampaikan kehadapan anda semua. Untuk lantai beton pada lantai pabrik, gudang, GOR (gedung olah raga), biasanya setelah Tiga Langkah Cara Finishing Cor Beton diatas dilapisi lagi dengan Floor Hardener. Untuk keterangan lebih lengkapnya silahkan baca pada halaman Aplikasi Floor Hardener. Selain itu perlu anda ketahui juga mutu cor beton Ready mix yang pas untuk cor lantai adalah mutu Ready Mix K250 s/d K350. Mutu tersebut anda bisa memesannya dari kami dengan cara menghubungi kami 3 atau 2 hari sebelum proses pengecoran melalui telepon dan email website ini. Terima kasih.