Tips Memilih Desain Sofa Minimalis Terbaik

810 Dilihat

Tips Memilih Desain Sofa Minimalis Terbaik – Mitra CDI. Sofa merupakan kebutuhan mutlak bagi sebuah keluarga untuk mengisi ruang tamu mereka. Memilih desain sofa minimalis yang tepat, tentunya bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Perlu adanya pertimbangan mulai dari warna, kenyamanan dan kesesuaian dengan luas ruangan yang dimiliki.

Sofa minimalis
Sofa minimalis

Beberapa Cara untuk Memilih Desain Sofa Minimalis

Dalam memilih desain sofa minimalis, pastinya tidak boleh sembarangan. Diperlukan ketelitian, kecermatan dan selera yang benar-benar pas dengan kebutuhan dan keadaan ruangan. Pemilihan jenis sofa yang tepat akan membuat semua orang nyaman saat medudukinya.
Bagaimana cara tepat untuk memilih desain sofa? Berikut ulasannya:

1. Tentukan Warna yang Pas

Dalam memilih sofa, warna adalah hal utama yang harus diperhatikan. Pilihlah desain dan sesuaikan dengan desain rumah Anda. Juga, pilihlah warna yang tidak mudah kotor, teruntu jika banyak anak yang suka bermain di atasnya.

Warna-warna desain sofa minimalis biasanya adalah cokelat muda, hitam, abu-abu, merah muda, dan biru langit. Selain warna tersebut, Anda bisa memilih dengan jenis yang sesuai pilihan warna cat pada dinding rumah.

2. Sesuaikan Ukuran Sofa dengan Luas Ruang Tamu

Luas ruang tamu sangat berpengaruh dalam pemilihan desain sofa. Ukuran yang pas harus diimbangi pula dengan ukuran ruangan pada rumah. Jika ukuran tidak sesuai dengan luas ruang, maka akan terasa sempit dimana-mana dan terkesan tidak modern.

Sebelum melakukan pemilihan, ukurlah dahulu luas ruang tamu. Jika luas, maka bisa memilih dengan ukuran besar. Namun jika sebaliknya, pilihlah sofa dengan ukuran sedang dan pendek.

3. Jangan Memilih Sofa Dengan Banyak Motif

Ciri khas desain sofa minimalis adalah polos, elegant dan tidak terlalu mencolok. Dalam memilih sofa yang memiliki seperti itu, hindarilah pemilihan dengan corak yang ramai dan mencolok. Karena, ini akan menghilangkan kesan dan nuansa asli pada sofa.

Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam menentukan dan sesuaikan motif rumah. Sekali salah dalam pemilih, maka kesan keminimalisan pada tersebut akan hilang. Pilihlah motif sofa dengan cermat dengan pertimbangan yang tepat sebelum membelinya.

4. Pilihlah Sofa yang Nyaman

Selain warna dan ukuran sofa, kenyamanan juga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Sofa yang tidak nyaman untuk diduduki, akan membuat orang merasa tidak betah dan ingin segera pergi dari ruang tersebut

Dalam menentukan sofa yang akan dibeli nyaman atau tidaknya, cobalah dahulu mendudukinya selama beberapa saat sebelum membawa pulang. Pastikan busa yag ada terasa empuk dan nyaman. Selain itu, cobalah untuk bersandar untuk mengetahui tingkat kenyamanan.

5. Perhatikan Bahan Pelapis Sofa

Dalam memilih bahan pelapis sofa, Anda perlu memperhatikan aspek keindahan dan fungsi yang diperlukan. Di pasaran saat ini, ada berbagai macam bahan pelapis yang tersedia mulai dari katun, linen, rayon, velvet, polyester dan kulit. Pilihlah bahan yang sesuai dengan kondisi dan kenyamanan.

6. Pastikan Rangka Sofa Kuat

Untuk ketahanan, pilihlah bahan rangka sofa yang kuat, tidak mudah lapuk dan berkualitas. Cobalah bertanya pada pemilik toko dan mintalah bukti bahwa barang itu benar-benar awet. Selain itu, Anda juga bisa meminta garansi saat membelinya.

Dengan mengetahui beberapa cara di atas, pastinya Anda akan mendapatkan desain sofa minimalis sesuai keinginan. Namun, banyaknya pilihan pasti membuat binggung untuk menentukan kecocokan. Hal ini bisa disiasati dengan melihat referensi yang ada di internet agat tetap kekinian.