Cara Pengolahan & Pengecoran Beton Cor

576 Dilihat

Cara Pengolahan & Pengecoran Beton Cor | Mitra CDI yang berbahagia. Proses pengolahan dan pengecoran beton mungkin tampak seperti pekerjaan yang sederhana, mudah dan semua orang bisa melakukannya. Pada kenyataannya tidaklah demikian, sebab ada beberapa skill yang harus benar-benar dikuasai oleh tim pengaduk cor beton yang akan mempengaruhi kualitas beton cor yang dihasilkan nantinya. Nah pada kesempatan kali ini kami CDI kembali berbagi tips untuk anda para konsumen Beton cor instant (Beton Ready Mix), tentang Cara Pengolahan & Pengecoran Beton Cor yang benar.

Pengecoran Beton Cor
Pengecoran Beton Cor

Berikut langkah-langkahnya agar proses pengolahan cor dan pengecoran berjalan dengan baik dan benar.

  •  Safety first

Sebelum anda dan tim melakukan proses pengolahan cor beton, yang perlu diperhatikan adalah tentang keamanan anda dan tim. Seperti untuk semua tim kerja harus mengenakan helmet pelindung kepala, masker debu, pelindung mata dan sarung tangan. Kemudian menunjuk satu orang untuk menjadi pimpinan dalam tim yang bertanggung jawab untuk mengendalikan tim dan memeriksa prasarana sebelum proses pengolahan dimulai.

  • Cek bahan-bahan material

Sebelum Anda dan tim memulai proses pengadukan, pastikan bahan-bahan material yang akan digunakan dalam keadaan cukup. Catat dan urutkan dalam daftar kelebihan dan kekurangan volume material yang akan di pakai sebagai bahan evaluasi untuk tahap produksi berikutnya.

  • Mengelompokan material

Tahap selanjutnya setelah mengkalkulasi bahan material yang akan digunakan, adalah menakar dan memisahkan di tempat khusus bahan material tersebut agar tidak tercampur dengan bahan material lainnya.

  • Persiapan alat

Agar proses pengolahan cor berjalan tanpa kendala (lancar) anda harus mempersiapkan semua peralatan berdekatan dengan mixer. Sehingga tidak membuang waktu banyak  dan proses pengadukan beton cor berjalan lebih cepat.

  • Memasukkan material pada mixer dengan runut

Mengaduk bahan material yang sudah dipersiapkan tidaklah sembarangan. Harus berurutan sesuai dengan fungsinya, agar hasil dari kualitas cor beton nantinya benar-benar baik sesuai dengan yang direncanakan. Inilah urutan terbaik proses menambahkan bahan material ke mixer:

  1. Pasir (agregat halus).
  2. Batu krikil /split (agregat kasar).
  3. Air.
  4. Fly Ash (jika ingin menggunakan).
  5. Semen secara bertahap.

Kenapa harus berurutan dengan menambahkan Air terlebih dahulu kemudian semen?. Berikut ini alasannya:
Jika Anda memulai dengan memasukan semen terlebih dahulu ke mixer kemudian air, akan terjadi penggumpalan yang menyebabkan campuran semen tidak merata. Yang benar adalah air terlebih dahulu kemudian semen.

  •  Pantau waktu pengadukkan

Tahap ini sepertinya sepele dan Anda mungkin berpikir itu mudah diingat, tetapi jangan salah Anda bisa melewatkan satu langkah karena ketergesaan atau hal yang lainnya. Untuk itu lebih baik anda membuat daftar chek list bahan material apa saja yang akan di masukan ke dalam mixer.

  • Siapkan tim khusus Pengecoran Beton Cor

Selanjutnya ketika tim khusus pengolahan cor telah melakukan 50% dari proses pengadukan, tim lain yang bertugas sebagai pengaplikasi /penggelar beton cor, diperintah untuk mengecek kembali area (bekisting) yang akan di cor, hingga proses pengecoran berjalan tanpa kendala yang serius.

Kesimpulannya, dari langkah-langkah yang kami paparkan diatas tentang Cara Pengolahan & Pengecoran Beton Cor adalah perencanaan yang matang serta tim yang solid, yang akan menentukan keberhasilan dalam proses Pengolahan dan Proses Pengecoran Beton Cor tersebut.

Baca juga : Proses Produksi Readymix Concrete (cor beton onstant).

Demikian Cara Pengolahan & Pengecoran Beton Cor yang kami dapat share ke hadapan anda, semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan jasa pengecoran dengan truk molen (truk mixer), kami Creative Design Interior bersedia membantu anda, silahkan hubungi kami melalui layanan email atau telepon web ini. Terima kasih.