Tips Pengerjaan Cor Beton Yang Baik

393 Dilihat

Tips Pengerjaan Cor Beton Yang Baik | Mitra. Untuk mendapatkan cor beton yang berkualitas tentu kita harus tahu dulu bagaimana cara mengerjakan cor beton yang baik dan benar. Pada prinsipnya semua hampir sama namun lihat dahulu tips berikut supaya anda lebih tahu bagaimana seharusnya melakukan cor beton yang sempurna.

Tips Pengerjaan Cor Beton Yang Baik
Tips Pengerjaan Cor Beton Yang Baik
  • Langkah-langkah Pengerjaan Cor Beton Yang Benar

Tidak semua tukang bangunan memahami dengan baik cara pengerjaan cor beton yang baik. Hal ini menuntut anda lebih selektif dalam memilih tukang yang berpengalaman. Namun jika anda tidak ingin ribet memilih tukang yang berpengalaman, andapun bisa memonitornya sendiri pengerjaan cor beton pada bangunan anda dengan mengetahui Langkah-langkah Pengerjaan Cor Beton Yang Benar berikut ini.

  1. Sebelum pengecorn berlangsung sebaiknya anda koreksi dahulu struktur dari bekingting pada cor beton. Usahakan bekisting dan steger bisa menahan cor dengan baik ketika pengecoran berlangsung.
  2. Menggunakan mutu material beton cor yang disesuaikan dengan perhitungan batas minimal kuat. Semisal bila sebuah struktur beton bertulang akan sempurna jika menggunakan mutu beton cor K225 s/d K400. Namun bila anda menggunakan K200 kebawah maka kemungkinan besar akan terjadi kegagalan dalam struktur pengerjaan cor beton.
  3. Persipkan Bekisting dengan benar, anda harus perhitungkan perancah serta posisi yang tepat untuk menahan cor beton. Usahakan untuk perancah (tiang bekisting) memilih kayu yang kuat untuk menahan semua kemungkinan terjadi. Jangan sampai ketika pengerjaan cor beton, bekisting tidak mampu menampung luapan beban.
  4. Usahakan untuk Papan bekisting dalam kondisi bersih sebelum digunakan untuk pengecoran. Bila anda memilih bekisting bekas sering kali banyak menyisakan beton lama yang menempel pada bekisting. Bila anda langsung menggunakan sebagai cetakan maka akan menyebabkan hasil cetak cor beton tidak rapih.
  5. Untuk Pembongkaran bekisting tidak boleh dilakukan terlalu cepat sebelum cor beton mampu untuk menahan beban sendiri. Disarankan 1 minggu untuk pembongkaran bekisting samping dan 28 hari untuk bekisting tatakan bawah.
  6. Bersihkan sesegera mungkin cor yang tercecer saat proses pengecoran berlangsung. Karena bila anda menunda untuk membersihkannya bisa dipastikan cor sudah mengeras dan akan sulit untuk dibersihkan. Tentunya jika ini terjadi akan memakan banyak tenaga dan dana lagi.
  7. Jika anda menggunakan jasa Cor Ready Mix maka anda perlu untuk berkoordinasi dengan perusahaan penyedia beton cor tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa material cor beton dikirim dengan tepat sesuai dengan jadwal yang sudah anda tentukan.
  8. Ketika pengecoran berlangsung selalu cek ketegakan dan kedataran beton menggunakan alat ukur seperti water pass atau bisa juga memakai alat teodolit.
  9. Untuk menyambung cor beton baru dengan beton lama maka harus menggunakan lem beton.
  10. Lakukan penyiraman secara berkala pasca pengerjaan cor beton. Hal ini untuk menghambat cor terlalu cepat kering karena jika terlalu cepat bisa menyebabkan keretakan.

Demikian Tips singkat dari kami tentang Tips Pengerjaan Cor Beton Yang Baik. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jika anda akan menggunakan jasa cor redy mix (cor beton jadi) dari beberapa merk terkenal, seperti; Pionir, Holcim, Jayamix, SGG dan Merah Puith. Silhkan hubungi kami melalui layanan kontak website ini, tim kami siap survey ke lokasi anda.