Yang Harus Dilakukan Saat Pengecoran

417 Dilihat

Yang Harus Dilakukan Saat Pengecoran | Mitra. Pekerjaan bangun-membangun sebuah gedung atau rumah memang tidak bisa dibilang mudah. Ada banyak pertimbangan dan perhitungan matang yang memerlukan cukup banyak waktu dalam membahasnya. Artikel kali ini akan memberikan sedikit ulasan dan bahasan mengenai pengecoran yang biasa dilakukan oleh para developer dalam memastikan kekuatan bangunan yang mereka dirikan. Jika anda termasuk orang yang sedang ingin membangun sesuatu tapi masih awam mengenai pengecoran, ada baiknya anda membaca artikel berjudul “Yang Harus Dilakukan Saat Pengecoran” ini. Agar menambah wawasan anda dalam hal bangun-membangun sesuatu.

Pengerjaan Pengecoran Beton Yang Tepat
Pengerjaan Pengecoran Beton

Jika kita berbicara dan membahas mengenai pengecoran, akan dipastikan bahwa yang pertama dijadikan sebagai tema pembicaraan adalah perhitungan dari campuran atau adonan cor beton itu sendiri. Pengecoran tidak bisa dilakukan sembarangan apalagi asal-asalan. Kualitas suatu bangunan tentu saja bergantung pada kualitas proses pembangunannya, salah satunya bergantung pada kualitas dan proses cor itu tadi. Sebelum memulai untuk mengecor, anda harus membeli berbagai bahan atau material yang berperan sebagai penentu kualitas campuran cor beton anda nantinya. Bahan material tersebut adalah:

  • Semen

Semen di Indonesia sudah termasuk baik kualitasnya, bahkan beberapa merk semen telah diekspor sampai ke manca Negara. Kualitas semen menjadi hal penting yang tidak bisa anda abaikan. Pilihlah semen yang sudah jelas teruji kualitasnya meskipun sedikit harganya lebih mahal.

  • Pasir (agregat halus)

Hal kedua yang harus anda pastikan kualitasnya adalah pasir. Pasir bisa didapatkan di mana saja. Banyak toko bangunan yang menyediakan pasir untuk dijual. Bahkan penambangan-penambangan pasir kini semakin banyak dilakukan di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Pastikan anda membeli pasir yang legal-legal saja. Karena banyak penambangan pasir yang tidak berizin akhir-akhir ini. Kedua material tersebut adalah material utama.

Silahkan Baca : Beberapa Macam Jenis Pasir Berikut Harganaya

  • Kerikil /Split (agregat kasar)

Material lainnya yang harus juga berkualitas adalah agregat kasar (krikil), krikil ini mempunyai peranan penting dalam kekokohan sebuah konstruksi beton, semakin tinggi nilai mutu suatu beton berarti semakin banyak komposisi krikil yang dipakai. Ukuran kerikil atau split yang dipakai untuk cor adalah 1-2 dan 2-3.

Silahkan Baca juga : Daftar Harga Batu Kerikil /Split Cor

  • Air

Air sebagai campuran cor beton masih mempunyai peranan penting juga dari hal Yang Harus Dilakukan Saat Pengecoran. Bayangkan jika sebuah adukan beton cor tanpa air, kami rasa tidak bisa dilakukan tapi komposisi airpun harus sesuai dengan porsi per kubiknya sesuai dengan nilai slump (kekentalan) beton yang di inginkan.

  • Proses Pengadukan Pengecoran

Pengadukan merupakan proses penting selanjutnya dari serangkaian proses pengecoran. Pengecoran yang baik bergantung pada pengadukan yang benar. Setelah pengadukan dilakukan dengan benar saatnya anda mengecor bangunan anda dengan hati-hati dan terperinci, jangan sampai ada rongga-rongga di dalam cor beton agar tidak menimbulkan kebocoran kedepannya. Untuk meminimalisir adanya rongga pada beton, sebaiknya anda menggunakan mesin vibrator sebagai alat pemadatnya. Lebih lengkapnya silahkan klik “VIBRATOR BETON“.

Itulah mitra beberapa hal yang harus dilakukan saat pengecoran. Jika anda ingin memakai jasa supply Ready Mix Beton dari kami anda bisa bernegosiasi langsung melalui layanan kontak yang tersedia diwebsite ini.